Akselerasi Satu Data Indonesia melalui SADA (Satu Data Kumham)

Mendukung kegiatan akselerasi Satu Data Indonesia, Kementerian Hukum dan HAM meluncurkan SADA (Satu Data Kumham) dengan memanfaatkan teknologi  informasi yang melalui Dashboard Executive sebagai Single Source of Truth di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Demi berjalannya perwujudan SADA, Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi mengikuti kegiatan pembahasan SADA dan Dashboard Executive secara daring di ruang rapat Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi, Selasa (25/08).

Kegiatan Pembahasan SADA (Satu Data Kumham) dan Dashboard Executive secara daring

Pembahasan SADA diawali dengan pembahasan tahapan integrasi data di unit utama Kementerian Hukum dan HAM yang disampaikan oleh Kepala Pusat Data dan Teknologi Informasi Hermansyah Siregar. Ada 5 tahapan yang perlu dilakukan yaitu :

  1. Inventarisasi data;
  2. Pembangunan infrastruktur integrasi data;
  3. Pengolahan data;
  4. Penataan dashboard;
  5. Pembahasan hak akses data.

Dari kelima tahapan di atas, Hermansyah menyampaikan saat ini unit utama  sudah sampai ke tahapan ke-4.

Selanjutnya disampaikan dashboard executive yang menampilkan data-data dari unit utama. Kegiatan pembahasan dilanjutkan dengan pemaparan dari Sekretaris Jenderal Kementerian Hukum dan HAM Bambang Rantam Sariwanto, dengan menyampaikan bahwa integrasi data diperlukan untuk mewujudkan e-goverment di lingkungan Kementerian Hukum dan HAM. Selanjutnya data yang telah terintegrasi dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh pengambil kebijakan. Kegiatan diakhiri dengan diskusi yang membahas laporan serta kendala dari masing-masing unit pusat terkait tahapan integrasi data.

Tim Roren Sekjen Kemenkumham Evaluasi Kenaikan Kelas Kanim Bekasi

Tim Roren (Biro Perencanaan) Sekretariat Jenderal Kementerian Hukum dan HAM beserta tim dari Sekretariat Jenderal Direktorat Jenderal Imigrasi mengunjungi Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi, Senin (25/08). Tim Roren yang dipimpin oleh Kepala Subbagian Analisis, Penataan, dan Evaluasi Kelembagaan II Sari Mesfriati disambut oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi Wahyu Hidayat beserta jajaran pejabat yang tengah bertugas.

Kasubbag Analisis, Perencanaan dan Evaluasi Kelembagaan Sari Mesfriati didampingi oleh Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi Wahyu Hidayat saat melakukan kegiatan evaluasi kenaikan kelas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi

Dalam kegiatan tersebut, dilakukan serangkaian evaluasi dalam rangka meninjau kesiapan kenaikan kelas Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi. Seperti meninjau kegiatan pelayanan paspor dan izin tinggal, serta fasilitas penunjang pelayanan seperti ruang tunggu, ruang bermain anak, serta area parkir pemohon. Dalam kunjungannya, Sari berharap kualitas dan kuantitas pelayanan keimigrasian di Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi dapat ditingkatkan. Selain itu, fasilitas penunjang yang tersedia juga dapat ditingkatkan demi meningkatkan kepuasan pemohon akan pelayanan keimigrasian.

Layanan Eazy Paspor Hadir di Sakura Regency

Layanan Eazy Paspor Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi hadir melayani pemohon yang bermukim di Sakura Regency, Kota Bekasi, Rabu (05/08). Kegiatan Eazy Paspor diselenggarakan di gedung serbaguna Sakura Regency, dimulai sejak pukul 09.00 dan berakhir pada pukul 16.00. Layanan Eazy Paspor melayani 69 pemohon yang terdiri dari 22 pemohon paspor elektronik, 43 pemohon paspor biasa, dan 4 pemohon ditolak permohonannya. Proses penyerahan berkas permohonan, foto, rekam biometrik, dan wawancara dilakukan di tempat dengan menghadirkan 2 booth wawancara. Prosedur kesehatan diterapkan selama kegiatan berlangsung. Suhu tubuh diperiksa terlebih dahulu sebelum memasuki gedung serbaguna, dan pemohon diminta untuk cuci tangan sebelum dan sesudah mengikuti tahapan proses permohonan paspor. Selama kegiatan berlangsung, para pemohon juga dianjurkan untuk menjaga jarak antar satu dengan yang lain.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Bekasi Wahyu Hidayat memantau pelaksanaan pelayanan Eazy Paspor

Pemohon yang akan masuk diukur suhu tubuhnya oleh petugas

Pemohon melakukan cuci tangan sebelum mengikuti tahapan permohonan paspor

Proses foto dan rekam biometrik pemohon paspor

Layanan Eazy Paspor merupakan pelayanan paspor secara kolektif yang diluncurkan oleh Direktorat Jenderal Imigrasi, dimana pemohon bisa mengajukan permohonan layanan Eazy Paspor ke kantor imigrasi terdekat. Layanan Eazy Paspor melayani komunitas besar seperti kantor, sekolah, warga perumahan, ataupun komunitas besar dengan jumlah pemohon minimal 50 pemohon. Pelayanan paspor yang dilayani meliputi permohonan paspor baru dan penggantian paspor, dan tidak melayani permohonan paspor hilang atau rusak. Penanggung jawab kelompok yang mengajukan permohonan juga melampirkan daftar pemohon serta jenis pelayanan paspor yang dibutuhkan, untuk selanjutnya disetujui oleh pejabat imigrasi terkait. Nantinya petugas akan datang ke tempat dan waktu yang telah disepakati, dan seluruh tahapan proses permohonan akan dilakukan di tempat. Layanan Eazy Paspor bisa dilaksanakan di hari/waktu kerja atau di luar hari/waktu kerja.